top of page

5 Basic Rules Dalam Layouting


Hi Gravers, kamu ga paham soal design? Cuman pengen bikin postingan biasa aja

tapi males harus bayar designer mahal-mahal? Yuk, Viqe ajarin 5 basic rules jika kamu ingin layout. Paling tidak, setelah kamu tahu ilmu ini postinganmu lebih enak dilihat.


Grid System sangat berguna agar objek lebih rapi dan tersusun. Atur Margin artboardmu, bikin grid dasar, dan kamu bisa mengembangkan sesukamu. Align juga salah satu dari Grid System. Jangan bikin objek terlalu mepet-mepet pinggiran.


Kamu harus tau objek / tulisan mana yang ingin kamu tekankan ke viewer. Jangan salahkan viewer tidak melihat hal penting yang kamu ingin sampaikan jika kamu tidak memperlihatkan objek tersebut penting.


Penggunaan font juga jangan asal. Perhatikan kombinasi font, dan font yang kamu pakai. Hindari penggunaan font yang terlalu kompleks jika kamu ingin menyampaikan pesan dengan jelas, cepat, dan simple. Agar menarik, headline boleh kamu gunakan font yang sedikit custom. Jangan lupa juga kerning, leading di paragrafmu.

Besar kecil sebuah objek dalam layoutmu sangat penting. Jangan sampai tulisan terlalu kecil sampai tidak terbaca, atau bahkan terlalu besar membuat mata lelah ketika membaca. Buat sedemikian rupa sampai komposisinya bagus.


Gunakan sense of estheticmu ketika menyusun sebuah objek. Jangan takut untuk memberi ruang kosong pada sebuah layout. Ruang kosong bukan berarti kurang ramai atau kurang konten atau kurang bermain. Justru sebaliknya, ruang kosong bisa memberi informasi kepada pembaca dengan jelas, tapi tetap nyaman di mata.


Kalau kamu tidak mau pusing akan hal ini, yuk langsung aja request design yang kamu inginkan ke kami. Check lebih lengkap service kami mengenai graphic design di https://www.graviqe.com/graphic-design


Kami siap memenuhi keinginanmu dalam hal Graphic Design, Website Development, Digital Marketing, dan Photo & Video Creation.


205 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page