Belajar dari Kisah Garuda Indonesia


Hi Gravers, bagi kamu yang pemilik perusahaan, kamu harus belajar dari kisah Garuda Indonesia karena dia mengetahui seberapa penting Graphic Design untuk sebuah perusahaan. Secara khususnya, mengenai branding identity.



Pada awalnya Garuda Indonesian Airways adalah satu-satunya penerbangan yang dimiliki oleh Indonesia. Berhasil menjadi maskapai terbesar ke2 se Asia setelah Japan Airlines. Tapi, seiring berkembangnya waktu, sistem managemen jadi berkurang.


Pada tahun 1985, GIA melakukan rebranding pertama kalinya merubah namanya jadi Garuda Indonesia. R.A.J Lumenta sebagai pimpinan memindahkan Garuda Indonesia yang sebelumnya di Bandara Kemayoran & Halim ke Soekarno Hatta dan melakukan perbaikan sistem manajemen dan meningkatkan kualitas servicenya.


Tahun 1990-2000an Garuda Indonesia mengalami banyak penurunan. Dimulai dari kesulitan ekonomi (krisis moneter), kecelakaan berkali-kali bahkan di berbagai negara membuat reputasinya sangat buruk dan beberapa negara melarang Garuda Indonesia terbang ke negara tersebut. Ditambah lagi banyaknya persaingan maskapai di Indonesia sendiri seperti Merpati, Simpati, Lion Air, dan lainnya.



Pada tahun 2009, Garuda Indonesia bersama Landor Associates melakukan redesign yang menghabiskan uang milyaran. Rebranding bermaksud untuk refresh kembali perusahaannya dan bertekad untuk mengembalikan namanya sebagai one of Asia's leading airlines.


Garuda Indonesia datang ke Landor dengan memberi konsep "Indonesian Hospitality". Garuda memberikan pelayanan khas Indonesia kemanapun mereka terbang. Mereka ingin memberi kesan kepada setiap penumpang yang terbang bersama Garuda Indonesia, seperti mereka berkunjung ke Indonesia.




Kunci dari elemen desain yang digunakan adalah pembeharuan dari lambang nasional Indonesia, yaitu burung Garuda. Direpresentasikan dari sayap Garuda itu sendiri, memberi kenyamanan pelayanan Indonesia dari mulai airport lounges di segala penjuru dunia, boarding pass, seragam, in-flight food.


Akhirnya seperti kalian tahu, sekarang Garuda Indonesia kembali menjadi penerbangan nomor 1 di Indonesia. Tahun 2010-an, Garuda Indoensia menjadi sponsor global Liverpool FC. Tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat 2 penghargaan Skytrax "Worl Best Economy Class" dan "World Best Economy Class Seat", 2014 mendapat "World's Best Cabin Crew" dan diakui sebagai maskapai berbintang 5 dari total 8 maskapai didunia yang mendapat penghargaan tersebut.


Point dari cerita ini adalah...


Pertama, kamu harus tahu brand identity bukan cuman sekedar gambar logo, tetapi semua elemen yang ada didalam perusahaanmu juga termasuk dari satu kesatuan identity itu sendiri.


Kedua, kamu harus tau rebranding bukan cuman sekedar mengganti logo dan seragam (bahkan rebranding Garuda hanya mengubah logonya sangat sedikit). Tapi pelayanan, strategi bisnis, service yang diberikan juga harus diperhatikan. Jadi, jangan salah konsep ketika kamu ingin merefresh brand perusahaanmu, mengganti logo visualnya aja cukup bagimu. Lalu, ketika pembeli tidak juga datang, kamu buntu dan “kan logonya udah ganti”.


Ketiga, perusahaan transportasi satu-satunya yang mewakilkan negara Indonesia aja bisa drop dan naik kembali. Jadi, bersemangatlah! You’re not alone.


Kalau kamu tidak mau pusing akan hal ini, yuk langsung aja request design yang kamu inginkan ke kami. Check lebih lengkap service kami mengenai graphic design di https://www.graviqe.com/graphic-design


Kami siap memenuhi keinginanmu dalam hal Graphic Design, Website Development, Digital Marketing, dan Photo & Video Creation.


#graphicdesign #kisahinspiratif #branding #rebranding

9 views0 comments

Recent Posts

See All

©2021 by Graviqe - Creative Agency

  • Facebook
  • Instagram
  • LinkedIn
wa btn-02.png