top of page

Kenapa Harga Sebuah Logo Bisa Mahal?


Harga sebuah logo itu random banget. Ada yang ratusan ribu sampai milyaran rupiah. Nah, apa sih yang bedain? Dan bagaimana sih seharusnya bikin logo itu?



Pembuatan logo itu bukan diawali dari gambarnya gimana, tetapi apa yang mau direpresentasikan oleh logo tersebut? Cara tahunya, research tentang perusahaannya.


Logo itu bukan hanya sebuah gambar vector yang cantik, tapi lebih dari itu. Logo adalah identitas perusahaan. Seperti halnya kamu : model rambutmu, gaya berpakaianmu, caramu berbicara itu mereprentasikan dirimu. Kamu berpakaian serba warna-warni, bisa jadi secara tidak sengaja menggambarkan dirimu yang cheerful.

Ketika merencanakan sebuah logo, valuenya benar-benar harus dipikirkan. Mulai dari bentuk, hingga filosofi yang terkandung didalamnya.


Logo wajib memiliki GSM (Graphic Standard Manual). Semua sistem dimulai dari scaling logo, warna logo, bentuk logo, filosofi logo, sampai ke aplikasinya diletakkan dalam sebuah buku panduan. Jadi, tidak bisa sembarangan.


Jangan kamu kira flyer event itu tidak termasuk dalam sistem logo. Ketika logonya tegas dan bold, tidak mungkin kamu membuat flyernya light dan opacity rendah.


Kita lihat sepatu Nike dan Adidas. Dengan logo yang berbeda, filosofi yang berbeda, strategi marketing yang berbeda, design produk yang berbeda. Masing-masing brand memiliki identitas original sendiri-sendiri. Bahkan bukan hanya sekedar dari visualnya saja; kita lihat logo dari penerbangan Air Asia & Garuda Indonesia. Dari mulai logo, warna pesawat, seragam pramugari, etika yang diajarkan, pelayanan yang diberikan semuanya berbeda tergantung research diawal mengenai identitas perusahaan itu sendiri.

Kalau kamu tidak mau pusing akan hal ini, yuk langsung aja request design yang kamu inginkan ke kami. Check lebih lengkap service kami mengenai graphic design di https://www.graviqe.com/graphic-design

Kami siap memenuhi keinginanmu dalam hal Graphic Design, Website Development, Digital Marketing, dan Photo & Video Creation.


125 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page